Ketahui Bahaya Minum Kopi Bila Dikonsumsi Setiap Hari

Written by Pojun on March 12, 2021 in LIP with no comments.

Banyak orang sengaja minum kopi untuk mengusir rasa kantuk, tapi jika terlalu banyak minum kopi maka akan berdampak insomnia. Efek insomnia ini akan sangat dirasakan oleh orang usia lanjut. Tapi jika dikonsumsi dalam dosis tinggi, kafein menyebabkan kecemasan, gugup dan gelisah. Efek ini semakin terasa jika meneguk lebih dari 1.000 mg kopi per hari.

Kafein juga dapat mengakibatkan tubuh cepat berkeringat dan perut terasa panas akibat keluarnya asam gastrat dari tubuh kita. Terlalu sering mengkonsumsi kopi justru akan membuat kita jadi gelisah, jantung berdebar-debar, serta tangan gemetar. Kopi instan yang banyak beredar di pasaran pada umumnya tidak sepenuhnya mengandung biji kopi asli. Kopi jenis ini hanya menggunakan perasa kopi dan pemanis buatan, sehingga dapat dijual dengan harga yang sangat murah. Kopi yang segar, sehat dan berasal dari biji yang berkualitas tidak mungkin dibanderol dengan harga murah. Kopi dapat mengikis kalsium dari dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urine ketika buang air kecil.

Dalam laporan khususnya, mereka mencatat 73 persen anak-anak Amerika minum beberapa jenis kafein setiap hari. Kafein merupakan stimulan alami bagi sistem saraf yang bisa meningkatkan detak jantungmu. Jika terlalu banyak mengonsumsinya, akan mengakibatkan palpitasi jantung atau jantung berdebar-debar. Asupan kafein yang tinggi dapat membantu orang tetap terjaga, namun terlalu banyak kafein juga membuat sulit tidur cukup. Hal ini menunjukkan pentingnya untuk memperhatikan jumlah kafein, agar dapat mengoptimalkan tidur Anda. Namun, perlu diketahui, efek samping ini tak terjadi pada semua orang.

Pasalnya, kopi mengandung banyak kafein yang dapat membantu tubuh kamu tetap terjaga. Minum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah karena adanya efek stimulasi pada sistem saraf. Tekanan darah yang meningkat merupakan faktor risiko yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Menurut Healthline, terlalu banyak Kakek Merah FAFAFA mengonsumsi kandungan kafein dapat menyababkan jantung berdetak kencang, menjadi tidak teratur, hingga menyebabkan kejang. Bahkan, minuman ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung jika tidak disaring dari ampasnya. Bagi sebagian orang, mengonsumsi secangkir kopi di pagi hari dapat membantu proses metabolisme tubuh.

Kerugian konsumsi terlalu banyak kopi

Di satu sisi baik untuk kesehatan, namun di sisi lain bisamenimbulkan penyakit jika konsumsi berlebih. Selama kamu tahu manfaat dan pencegahannya, minum kopi tentu dapat menjadi kesenangan yang bisa bikin tubuh makin fit. Bisa dipastikan hampir semua orang mengetahui atau bahkan mengalami hal ini. Kafein yang terkandung dalam kopi bisa menyebabkan gangguan tidur, seperti insomnia. Namun, bagi kaum millenials, tak sedikit dari mereka yang bukannya menghindari masalah tersebut, tapi justru malah dimanfaatkan untuk produktivitas kerja mereka. Penelitian yang dilakukan Universitas Alabama menyatakan bahwa, mengonsumsi kafein sebesar 70 persen bahkan lebih akan meningkatkan inkontinensia, terutama bagi wanita.

Satu-satunya solusi cepat untuk menghentikan jantung berdebar dengan ini adalah menghindari minuman berkafein. Bahaya minum kopi berlebihan ternyata dapat menyebabkan kerusakan otot. Rhabdomyolysis adalah kondisi yang sangat serius di mana serat otot yang rusak memasuki aliran darah, menyebabkan gagal ginjal dan masalah lainnya.

Asupan harian yang sangat tinggi, sebesar 1.000 mg atau lebih per hari, dilaporkan menyebabkan kegugupan berlebih. Asupan kafein yang moderat sekalipun dapat menyebabkan efek serupa pada individu yang memang sensitif terhadap kafein. Selain itu, dosis sederhana juga terbukti menyebabkan pernapasan menjadi lebih cepat dan meningkatkan tingkat stres ketika dikonsumsi dalam sekali teguk. Dalam sebuah penelitian berskala kecil, para partisipan dengan kondisi sehat diminta untuk mengonsumsi minuman berkafein.

Hasil ini menunjukkan bahwa penting untuk memperhatikan baik jumlah dan waktu konsumsi kafein untuk mengoptimalkan tidur Anda. Di samping itu, kopi mengandung kafein lima kali lebih banyak dibanding soda sehingga akan lebih baik jika bayi tidak diberikan kopi lebih dulu. Jangan sembarangan Bun, ini beberapa efek berbahaya jika bayi minum kopi. Penyakit ini merupakan penyakit asam lambung yang bisa memunculkan rasa terbakar di dada, akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Dalam studi itu, sebanyak 25 peminum kopi sejati menjadi responden dan diminta untuk mengonsumsi kopi dalam jumlah regular. Sementara itu, para responden lainnya, mengonsumsi obat plasebo. Setelah itu, mereka dihadapkan dengan sebuah tes atau ujian yang sangat menyulitkan. Sebagian orang yang ingin menurunkan berat badan berpikir bahwa mengonsumsi kopi dapat membantu menurunkan berat badan. Kopi merupakan stimulan yang juga dapat meningkatkan metabolisme. Namun, kamu harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Bahaya minum kopi berlebihan harus dikenali sebelum kamu ketagihan. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi atau kafein dalam sehari tidak boleh lebih dari 400 mg atau dua cangkir. Maka dari itu, batasi minum dua gelas kopi saja dalam sehari untuk meminimalkan risiko efek samping yang muncul dari bahaya kopi.

Comments are closed.